Minggu, 19 Oktober 2014

Happy Muharram.. 25 Oktober 2014

Bulan Muharam adalah bulan awal bagi tahun Hijriah.
Di masa jahiliah(bodoh/tidak mengenal Allah) ada yang disebut tahun kabisat, yakni tahun yang memiliki 13 bulan. Bulan itu adalah muharam, safar, rabiul awal, rabiul akhir, jumadil awal, jumadil akhir,  rajab, sya'ban, ramadhan, syawal, dzukaidah, dzulhijjah, dan nasi'. Tahun kabisat terjadi pada waktu tertentu saja. Namun, dahulu dikarenakan terdapat banyak suku, maka terdapat pula banyak pandangan mengenai tahun kabisat. Dari sini terjadilah perbedaan pendapat mengenai kapan tahun kabisat tersebut terjadi. Mengingat pada bulan muharam terdapat peraturan mengenai larangan untuk berperang, sehingga perlunya konsensus mengenai kapan terjadinya tahun kabisat tersebut.
Nah, dengan turunnya surat At'Taubah ayat 36, maka dihapuslah tahun kasbisat tersebut, yang mana bulan ke tiga belas yaitu Nasi' dihapuskan.
Sebelumnya, tahun di tulis tidak dengan angka namun dengan kejadian besar pada tahun itu. Seperti tahun kelahiran Rasulullah SAW. yang ditandai dengan tahun gajah. Seiring bergilirnya waktu, manusia yang terbatas ingatannya pun bingung dengan beberapa kejadian yang sering terjadi, apalagi jika kejadian itu telah sepuluh tahun berlalu. Oleh karenanya, dibutuhkan angka untuk menandai waktu sebagai tahun. Pada masa Umar-lah dibentuk panitia untuk menentukan nama dan awal dari tahun ini. Beberapa usulan yakni tahun fil (kelahiran Rasul), tahun amal bi'tsah (kerasulan), tahun amal hijriah (hijrah ke madinah). Keputusanpun jatuh pada usulan Ali bin Abi Thalib, yang mana mengusulkan tahun hijriah.
Berikut ini adalah alasan mengapa Tahun Hijriah yang dipilih:
1. Allah memberi penghargaan epada orang yang berhijrah
2. Masyarakat Islam yang berdaulat dan mandiri baru terbentuk setelah hijrah ke madinah
3. Umat Islam diharapkan selalu memiliki semangat hijriah, tidak terpaku pada satu keadaan dan senantiasa ingin berhijrah menuju keadaan yang ;lebih baik.
Momentum hijriah sendiri merupakan pemisah, tonggak berdirinya tatanan masyarakat Islam, awal kebangkitan Islam.
Ibrah dari momen 1 muharam adalah perubahan menuju kebaikan.
:v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar