Sabtu, 27 Oktober 2012

Sumpah Pemuda Serapah

Judul di atas sengaja dibuat brutal, di sini karena pengetik ingin menyidir dan mendobrak, bahkan menabrak pemuda Indonesia(termasuk pengetik pribadi).
Melihat atmosfer dunia pemuda sekarang tak jarang saya temukan tokoh-tokoh SuJu, Justin Bieber Wonder Girl, Smash, atau Cheery Bell. Entah bagaimana awal step-stepnya hingga mereka menjadi trend centre, tapi orientasi pemuda sekarang telah beralih ke korea dan negara lainnya. Pemuda Indonesia tendensi mengukuti budaya-budaya negara lain, entah secara fisik maupun pemikiran. Yang mungkin mereka sadari ataupun tidak disadari melalui alam bawah sadar kebudayaan Bangsa Indonesia sendiri yang memiliki bobot falsafah tinggi dan baik telah tergerus zaman.
Di era kini sulit kita temukan karakter pemuda seperti Bung Hatta. Mengapa Bung Hatta? Karena Hatta adalah sosok yang sederhana dan nasionalis. Bila kita refleksikan pada pemuda sekarang sangatlah kontras. Mereka mayoritas memilih menjadi artis yang mungkin dapat hidup bergelimpangan harta dengan cara praktis dan untuk menjadi artis mereka melakukan apapun hingga menghilangkan rasa nasionalis mereka. Jarang diantara mereka yang melakukan usaha keras unuk mencapai puncak seperi yang dilakukan Bung Hatta, hingga dapat memerdekakan Indonesia. Mungkin analisis ini terlalu sempit dan kurang mempertimbangkan teori konspirasi. Namun tujuan tulisan ini hanya untuk menghangatkan kembali euforia nasionalisme. hhe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar